href='https://maxcdn.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.3.0/css/font-awesome.min.css' rel='stylesheet'/> AGRIBISNIS BENIH IKAN BLOG: Mengatasi tumbuhnya lumut di Pendederan Satu Lele

Wednesday, March 22, 2017

Mengatasi tumbuhnya lumut di Pendederan Satu Lele




Salah satu gulma perairan di kolam adalah lumut. Gangguan ini menyerang benih ikan yang masih kecil yang menjerat, sehingga benih akan mati. Bahkan ada sejenis lumut yang menyerupai jaring, yang apabila benih kecil terperangkap di dalamnya menyebabkan benih mati lemas. Lumut yang ada di kolam semen biasanya membatasi gerak benih ikan lele yang dipelihara dalam tahap pendederan I (satu). Lumut yang ada di kolam yang luas baik dari semen atau tanah biasanya membatasi gerakan benih ikan mas. Benih yang terserang hanya benih dari penebaran dari larva ikan.

Lumut tumbuh pada perairan yang tidak subur yang diindikasikan dari keadaan airnya yang jernih dan ditunjang adanya sinar matahari. Pada wadah budidaya yang digunakan sebagai penetasan yang diteruskan sebagai pendederan I pada benih ikan lele sering tumbuh lumut saat musim kemarau. Keadaan ini memang menunjang untuk tumbuhnya lumut, karena airnya benih dan adanya penetrasi sinar matahari.

Telur ikan lele yang menetas setelah 20- 30 jam akan bersebunyi di bawah naungan (bisa kakaban dan lain-lain) untuk menghindari sinar (bersifat fototaxis). Setelah 2-3 hari larva akan mencari pakan dengan bergerak ke seluruh penjuru, Dari berwarna kuning berubah kecoklatan dan selanjutnya berubah lagi menjadi berwarna hitam. Pada hari kedua malam ketiga larva telah berubah menjadi benih ikan bergerak mencari pakannya. Pada saat ini diberikan pakan cacing sutera sampai berumur 7 - 10 hari.

Pada saat inilah muncul tumbuhnya lumut yang akan membatasi gerak benih yang masih kecil. Benih yang terperangkap akan lemas dan mati. Hal ini sangat merugikan para penangkar. Produktivitasnya jauh menurun. Oleh karena itu harus segera diatasi agar tidak tumbuh lumut yang semakin banyak.

Untuk mengatasi tumbuhnya lumut dilakukan dengan membuat keruh media. Kekeruhan ini sebaiknya dari plankton yang berwarna hijua, bukan keruh akibat partikel lumpur. Caranya dengan masukkan air kolam yang berwarna kehijauan ke dalam media yang ditumbuhi lumut. Nah dengan cara ini lumut dijamin tidak akan tumbuh, bahkan akan mati. Air yang keruh akibat partikel lumpur juga dapat menghambat pertumbuhan lumut.

Demikian postingan ini, semoga mengisi waktu luang dan bermanfaat.

1 comment

Post a Comment

Share

by : Idesat