href='https://maxcdn.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.3.0/css/font-awesome.min.css' rel='stylesheet'/> AGRIBISNIS BENIH IKAN BLOG: UPR BERPRODUKSI EFISIEN

Sunday, May 29, 2016

UPR BERPRODUKSI EFISIEN







UPR (Usaha Pembenihan Rakyat) Berproduksi Efisien

Berusaha di tempat luasan yang sempit di pekarangan rumah merupakan bentuk usaha yang efisien dan dapat menambah keuangan keluarga. Menanam pohon buah-buahan yang menghasilkan buah untuk dimakan keluarga, juga sebagai menambah keasrian rumah. Beternak cupang, lele, patin, gurame, dan lain-lain. Disebut sebagai usaha mikro. Bisa juga usaha rumahan/rumah tangga. Di mana usaha rumahan ini sekarang yang banyak diperbincangkan orang adalah usaha rumahan online. Artinya usaha 100% dikelola dari rumah. Tanpa investasi bangunan. Ada juga tanpa biaya tenaga kerja, yaitu memberdayakan para warga binaan di lingkungan Lapas. Salah satu syaratnya produknya unik dan  tidak ditemukan di pasaran lain, selain 0nline tersebut.

Kembali ke bahasan agribisnis benih ikan, usaha pembenihan udang (windu, dll) dikenal dengan istilah Backyard Hatchery (Backyard = halaman belakang, hatchery, asal kata hatche =menetas), dan HSRT =Hatchery Skala Rumah tangga). Sementara pada pembenihan ikan air tawar dikenal dengan UPR (Usaha Pembenihan Rakyat). UPR belum mengindikasikan berlokasi di rumah, bisa saja lokasinya ada di lokasi persawahan untuk ikan mas, nila, dan lain-lain. Sedang UPR yang ada di pekarangan rumah umumnya mengusahakan ikan lele, patin, gurame, dan ikan hias, namun bila pekarang rumah bisa diairi dari irigasi teknis bisa juga membenihkan ikan mas, nila, gurame, dan lain-lain. Sebagai usaha yang berkembang dan mensuplai kebutuhan benih ikan terutama jenis ikan yang tahan terhadap kadar oksigen rendah ini perlu memberi “istilah khusus”  kepada para pelaku pembenihan air tawar di rumahan tersebut seperti halnya pada backyard hatchery atau HSRT. Bahkan ada suatu daerah yang menjadi sentra pembenihan ikan air tawar hampir 100% berlokasi di pekarangan rumah.

Seorang kawan setengah bercanda menyindir seorang kawan yang bekerja di unit pemerintah yang mengelola pembenihan ikan, mengatakan bahwa unit rumahannya lebih efisien dibandingkan unit dikelolanya. Dengan tenaga kerja sambilan menghasilkan pendapatan yang lumayan untuk keluarganya.

Beberapa keunggulan produksi benih air tawar di lingkungan pekarangan mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1)    Berlokasi di pekarangan rumah yang terbatas
2)    Sebagai usaha sambilan, bisa juga sebagai profesi/usaha utama
3)    Pengambilan keputusan cepat, karena perusahaan perseorangan
4)    Memanfaatkan tenaga kerja keluarga dan tetangga
5)    Zero pencurian
6)    Zero hama
7)    Lokasi mudah dibuat tertutup sekaligus sebagai biosekurity.
8)    Mudah pengawasan/monitoring, cepat pengendalian masalah, terutama pada malam hari sebagian besar kematian ikan terjadi pada malam hari
9)    Biaya tetap kecil (terutama induknya sedikit, sehingga pakannya sedikit pula)

10)       Bisa menjadi penelitian pribadi, siswa/mahasiswa  Praktek
11)       Bisa berproduksi optimal, karena di bawah kendali secara kontinyu. Bagi yang sudah profisonal Rata-rata produksinya diatas unit pemerintah dan di bawah atau bahkan bisa melampui produksivitas perusahaan.
12)       Cepat dalam berproduksi untuk mengejar target waktu
13)       Etos kerja yang optimal, mengingat usaha pribadi
14)       Sebagai rekreasi, memelihara ikan bisa menghilangkan stress pekerjaan (ikan hias lebih berpotensi lebih dalam hal ini)

Beberapa kendala di antaranya limbah yang dihasilkan harus dikelola dengan baik agar tidak mencemari dan menimbulkan bau di kawasan permukiman tersebut.

1 comment

Post a Comment

Share

by : Idesat