href='https://maxcdn.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.3.0/css/font-awesome.min.css' rel='stylesheet'/> AGRIBISNIS BENIH IKAN BLOG: UP WELLING JUGA TERJADI DI KOLAM ?

Saturday, May 14, 2016

UP WELLING JUGA TERJADI DI KOLAM ?



Up welling juga terjadi di kolam ?
Pada saat perubahan musim seringkali terjadi perubahan suhu. Badan air baik laut, perairan umum, danau, waduk, tambak, kolam, bak kolam semen, bahkan wadah air budidaya ikan semisal aquarium juga berpotensi terjadi perubahan suhu yang dimulai dari lapisan paling atas. semakin tinggi suhu, semakin besar arusnya. Dapat dipahami semisal contoh yang ekstrim kita memasak air, terjadi perubahan suhu air lapisan bawah yang panas berangsur-angsur naik ke permukaan. Gerak massa air yang berpindah ke atas juga dipengaruhi oleh peningkatan suhu air di lapisan bawah. Dapat Anda bayangkan semisal wadah budidaya ikan di kolam yang terkena terik matahari (lebih khusus lagi cuaca saat panas tertinggi terjadi pada jam 12 sampai 02 siang, tiba-tiba hujan deras turun seolah ditumpahkan dari langit, maka air lapisan atas menjadi dingin. Sementara lapisan bawah atau dasar kolam masih lebih hangat, maka massa air lapisan bawah perlahan-lahan akan ke atas. Inilah menurut pemahaman saya tentang terjadunya up welling. Up welling ini sekaligus menyebabkan massa air lapisan atas mengisi kekosongan mass di lapisan bawah atau bisa diistilahkan sebagai down welling.
Beberapa kejadian di wadah budidaya ikan di kolam juga terjadi yang menyebabkan ikan budidaya mengalami kematian. Kematian ini tidak akan terjadi bila lapisan bawah air tidak banyak mengandung bahan organik yang beracun. Bila bahan organiknya sedikit, maka hanya akan menimbulkan booming plakton.
Ulasan di atas hanya membicarakan up welling dari sisi delta suhu. Mohon koreksinya.

Share

by : Idesat