href='https://maxcdn.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.3.0/css/font-awesome.min.css' rel='stylesheet'/> AGRIBISNIS BENIH IKAN BLOG: Ikan Hias Platy

Tuesday, March 28, 2017

Ikan Hias Platy




Untuk sekedar (harusnya sekadar)hiburan piara ikan bisa menghilangkan stres. Ikan hias lebih berpotensi untuk yang ini. Kalau Anda senang melihat ikan hias, sebenarnya Anda adalah calon hobiis ikan hias. Hanya saja saat ini Anda belum mengekspresikan Hobi yang terpendam ini. Bila Anda waktu, akan keluar juga hobi ini.

Salah satu ikan hias yang sering dipajang oleh pedagang ikan hias adalah ikan platy. Berwarna merah, ukuran kecil-kecil, yang betina perutnya gendut berisi telur, dan lincah sesuai ukurannya. Ikan platy terkenal dan gampang diternakkan.

Sebagai hiburan di depan rumah, buatlah kolam (bisa dari plastik dulu), setelah itu isi airnya, diamkan sehari, masukkan induk ikan platy yang betina dengan ciri-ciri perutnya gendut berisi telur, sedang yang jantan langsing. Beli induk dari penangkar ikan hias atau kios akuarium. Jumlah ekornya tergantung luasan (per m2 ditebar 3 pasang dulu). Beri pakan tiap hari pagi dan sore sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

Pemeliharaan ini berlangsung sampai induk mengeluarkan anaknya (ikan ini termasuk ikan yang beranak). Sekali beranak sampai 50 ekor.

Kalau hanya untuk hiburan, teknik di atas cukup unuk diterapkan. Namun bila anda bermaksud untuk membudidayakan lebih serius lagi, Anda perlu mengusahakan beberapa kolam. Yang penting selalu beri pakan. Karena ikan ini juga mau makan anaknya bila lapar. Yang makan adalah ikan yang lebih besar, bila pakan lupa diberikan.

Ada teknik tersendiri untuk menjadikan agar ikan berwarna cerah dan cemerlang dengan pemberian cacing sutera atau jentk nyamuk (cuk). Cacing sutra dan nyamuk ini mengandung zat chitin yang menjadikan berwarna cerah dan cemerlang. Namun bila Anda malas membeli pakan ikan, lakukan hal berikut. Tiap kali memcuci beras (mususi beras) airnya jangan dibuang. Tampung dalam wadah. Biarkan biar diteluri nyamuk. Biasanya air pususan beras ini didiamkan 2-3 hari, baru diteluri nyamuk. Telut nyamuk memanjang berwarna putih dan berubah menjadi coklat atau kehitaman. Telur nyamuk akan menetas setelah 5-7 hari. Tunggu sampai besar untuk diberikan ke ikan platy. Jangan lupa diberikan, karena cuk akan berubah menjadi nyamuk. Selamat mencoba.

Share

by : Idesat